3. Psikotes Siswa / Mahasiswa

 

Menentukan dan memilih bidang pendidikan yang tepat sesuai dengan bakat dan minat individu merupakan hal penting. Banyak orang-orang yang gagal dalam usaha maupun pekerjaannya karena pada masa pendidikan Ia keliru memilih jurusan. Jurusan yang dipilih tidak sesuai dengan bakat dan minatnya, sehingga ketika menjalani pendidikan yang bersangkutan kurang bersemangat menyelesaikan pendidikannya. Selanjutnya, ketika yang bersangkutan ingin bekerja, Ia merasa kurang percaya diri dan kurang yakin dengan kemampuannya, sehingga selalu gagal dalam melamar pekerjaan.

Oleh sebab itu, selayaknya sebelum menentukan jurusan pendidikan yang akan dijalani,  hendaknya orang tua dan anak berdiskusi secara mendalam tentang minat putra/putrinya. Selanjutnya, putra/putri mengikuti psikotes, untuk mengetahui secara mendalam bakat (potensi) yang dimiliki oleh masing-masing anak.

Hasil psikotes mengungkap segala kekuatan dan kelemahan yang dimiliki individu. Kekuatan yang dimiliki dapat dipupuk secara kontinyu agar anak menjadi expert dan akhli dalam bidangnya. Sedangkan kelemahan yang ada dapat menjadi perhatian untuk diperbaiki, agar anak dapat terjun kelapangan dengan baik dan dapat menyesuaikan dengan kondisi yang ada.

Potensi yang dimiliki masing-masing individu berbeda. Menurut Haevard Gardner ada 8 (delapan) potensi anak (Kecerdasan) yang dapat di pupuk dan dikembangkan agar menjadi sosok yang sukses dikemdian hari. Ke delapan potensi tersebut adalah :

  1. Logical matematical
  2. Word / Linguistic
  3. Musical
  4. Spacial
  5. Body smart / Kinestetic
  6. Interpersonal
  7. Intrapersonal
  8. Naturalist

Masing-masing individu biasanya minimal memiliki tiga macam kecerdasan.  Kombinasi dari kecerdasan tersebut apabila di pupuk dengan benar, maka anak dapat mencapai cita-cita nya dengan baik dan kelak menjadi anak-anak yang sukses.

Kami EMINENT STUDY INDONESIA mengajak para orang tua dan para siswa/ mahasiswa untuk mengikuti psikotes di lembaga kami. Kami akan melayani Anda dengan penuh keakraban dan persahabatan.

Daftarkan nama putra putri Anda disini.

DAFTAR

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *